Pasca Operasi FAM

January 15, 2019 mirarahmi 1 Comments


Tulisan ini lanjutan dari tulisan sebelumnya tentang Operasi FAM sekitar 2 tahun yang lalu
http://mirarahmifauziyyah.blogspot.com/2017/03/fam-fibroadenoma-mammae-siapa-takut.html

Banyak banget yang email soal operasi pengangkatan FAM ini. Rata-rata yang nanya itu yang mengalami benjolan juga di payudaranya. Jadi sekalian saya bahas disini kondisi setelah Operasi FAM.

Dimulai dari sesaat setelah di Operasi. Begitu sadar dari biusan, saya engga terlalu ngerasa sakit di bagian payudara. Yaa... sakit sih, cuma masih tahapan wajar aja. Cuma mungkin sedikit dijaga gerak nya, karna ngilu aja gitu kalo kena sesuatu. Keesokan hari nya baru saya berani pake daleman. Percaya deh! Setelah operasi tuh bener-bener bisa beraktifitas kaya biasa aja. Asal aktifitasnya yang wajar-wajar yaa, engga lari-lari yang bikin guncangan hebat di bagian PD.

Seminggu setelahnya, pas kontrol dan buka perban, keliatan bekas luka jaitan kaya sayatan kecil (padahal FAM saya keitung besar loh). Disekitar luka bekas jaitan itu kalo diraba bakal keras. Lumayan lama sih saya rasa kembali normal nya (engga keras lagi). Kalau saya malah hampir setengah bagian PD itu keras. Tapi jangan kuatir, lama-kelamaan kembali kaya biasa ko. Saya lupa berapa lama nya bisa kembali ke semula. Karna kondisi setiap orang juga mungkin beda ya. Ada yang mungkin bisa lebih cepet, atau lebih lama.

Luka nya gimana? Saya juga sama ko. Parno banget luka ini bakal berbekas kaya kelabang hiyy... Karena awal-awal, bekas luka nya tuh emang bener-bener keliatan jelas. warna hitam gitu. Makin parno kan?

Sekarang, setelah 2 tahun operasi, semua keluhan-keluhannya engga ada. Semuanya normal kembali ke semula. Luka? tipiisssss banget keliatannya. dan engga sampe hitam kaya kelabang gitu. It's OK! semua engga ada perubahan dan kembali ke semula.

Waktu saya hamil, saya sempet takut ada efek Operasi FAM ke asi. Takut asi engga keluar. Tapi alhamdulillah di hari ketiga lahiran, asi keluar. Jadi, engga ada hubungannya FAM dengan produksi ASI menurutku.

Yang bisa berpengaruh itu, dari lifestyle kita. Makanan yang kita makan, gaya hidup kita. Karena apa? FAM bisa banget tumbuh lagi karena hormon estrogen yang berlebih. Oh ya, untuk pemilihan KB juga berpengaruh banget loh. Saya dilarang keras pake KB hormon (suntik, pil dll). Saya cuma bisa pake IUD supaya engga ada pengaruh apa apa ke hormon.

So, temen-temen please lebih aware soal kesehatan masing-masing ya. Mari hidup sehat :)

1 comment:

  1. Alhamdulillah mbaaa, semoga sehat selalu ya, dan dijauhkan dari penyakit-penyakit aneh.
    Hidup sehat memang sulit ya, tapi kalau ingat sakit lebih sulit, kayaknya jadi semangat untuk selalu hidup sehat :)

    ReplyDelete