Dokter Obgyn dan Cerita Lahiran Di RSIA Limijati Bandung

April 03, 2018 mirarahmi 5 Comments

Yash! resmi sudah jadi seorang mommy. Perjuangan selama 9 bulan lebih yang nano nano banget rasanya. Seneng, was-was, terharu, takut, segala macem rasa ada pokonya. Di bulan Mei, tepat di jadwal haid, dengan PeDe, saya beli testpack yang padahal belum telat waktunya. Gatau kenapa sih kaya udah yakin bulan ini pasti isi (sebelumnya 7 bulan kosong setelah nikah) dan, YAP! benar. Testpack udah nunjukin garis 2 walaupun masih samar.

Meskipun belum yakin 100% Hamil, saya udh mulai browsing2 dokter obgyn. dan dari awal udh berharap sreg sama 1 dokter aja karna kepingin dari awal-akhir kehamilan lebih terpantau perkembangannya.
Terpilihlah Dr. Irnawati Muhadji Sp.Og yang praktek di RSIA Limijati Bandung dan RSIA Hermina Pasteur. saya lebih pilih di RSIA Limijati atas saran dari Kaka yang kebetulan pengalaman lahiran sama beliau juga di Limijati.

Dan bener. Alhamdulillah dari 1 bulan - 9 bulan saya selalu kontrol dengan beliau. Beliau orangnya ramah, cekatan, Langsung "Do" begitu ada something wrong. Ga terlalu banyak larangan juga. Buat kalian yang lebih senaeng ngobrol banyak, ini itu, ngalor ngidul, mungkin akan "kurang sreg" sama dokter ini. Karna dia ngecek nya cepet, ngejelasinnya singkat, tapi percaya deh, meskipun dia ga jelasin banyak, tapi keputusannya tuh emang yang terbaik.

Waktu itu udah 36w masa kandungan, yang berarti waktu dimana bayi siap buat dilahirkan. Waktu kontrol pun udah 1 minggu sekali untuk cek perkembangan bayi. Saat USG, bb Bayi masih 1,7 kg. Sampai-sampai Dr. Irna bilang "kalau bisa jangan dulu lahir ya dek.. kasian masih terlalu kecil. ibunya harus banyak makan coklat sama eskrim"dan segala macam obat diresepkan. Denger itu, hati calon ibu mana yang ga langsung degdegan. Terlebih lagi, Dr. Irna yang biasanya engga secerewet itu langsung kasih wejangannya yang berarti ini emang bener-bener harus diperhatikan.

Dari situ, segala macam cara saya usahain. Udah ga mikirin bb diri sendiri, bodo amat mau naik brp kilo lagipun, yang penting bayi sehat. Semua ibu pasti mikir gitu juga sih. Sampai tiba di 39w, dan waktunya untuk kontrol lagi. Di loket pendaftaran, suster nya bilang kalau Dr. Irna ada tindakan dulu di Hermina jadi jadwalnya diundur 1 jam. Ko denger itu hati langsung deg-degan, ga tenang bawaannya. Nunggu antrian pun was-was aja. Engga tau mikir apa, dan gaktau juga apa yang dirasain. Pokonya serba gak enak aja.

Dr. Irna akhirnya datang. Engga nunggu lama, akhirnya nama saya dipanggil. Dengan ramah Dr. Irna langsung nyapa "Yuk dicek, Mir.." sayapun langsung tiduran nunggu untuk USG. Hasilnya, "bb bayi udah naik nih 2,7 kg. Aman yaa.. Eh, sebentar...." hening... saya ga berani nanya apapun. saya ikutan diem. Dr. Irna sibuk mainin alat USG di atas perut. Haduh lihat ekspresinya, saya tau ada yang gak beres. Dan Akhirnya.. "Air Ketuban udah mau habis, udah gabisa pulang ini. Harus langsung masuk ruangan. Udah bawa perlengkapan lahiran kan mir?" "......... oh..... okey" jujur. kaget. Engga banyak yang saya tanya ke D. Irna. setelah itu saya langsung urus-urus administrasi, tlp keluarga, sambil sedikit ingin nangis pegang tangan suami. saya takut... Induksi.

Kenapa Induksi? Karena belum ada pembukaan sama sekali. Tanggal 30 Desember 2017 sekitar jam 18.00 Induksi lewat infus dimulai. sampai jam 21.00 masih belum ada perubahan. Cuman mules yang masih sangat lambat. Jam 23.00 cairan infus udah habis, mules udah kerasa tapi masih dalam intensitas yang lambat. Suster tanya, atas usulan dari Dr. Irna, masih sanggup untuk tambah induksi atau engga. Saya jawab iya. Tambah labu lagi, dan kali ini, jam 00.30 mules udah mulai sangat kerasa. baru selang 5 menit sekali, tapi mulesnya luar biasa dan juga udah mulai terjadi pendarahan.

Okey.. ini namanya gelombang cinta. yang ada di otak saya cuman semakin sakit rasanya, semakin cepat saya bertemu baby. Sekarang sudah jam 02.00, soal mules? ga usah ditanya sakitnya udah segimana. Suster mulai cek bukaan, dan ternyataaa.... BARU BUKAAN 3 what? sesakit ini baru bukaan 3. Okey tenang. sekali kali saya coba tidur supaya tenaga ga kebuang sia-sia. sampai akhirnya jam 08.00 Dr. Irna datang langsung cek bukaan, dan masih stuck di Pembukaan 3 menuju 4. Pendarahan udah terlalu banyak, hasil ctg menunjukkan detak jantung bayi sudah melemah, mau gak mau, Dr. Irna merekomendasi kan untuk SC..

Saat itu juga langsung masuk ruang operasi, persiapan bius dll. ga kerasa, mungkin sekitar 1-2 jam, suara bayi udah terdengar. Alhamdulillah, semua normal. tinggal pemulihan, dan langsung masuk ruangan. Yang saya suka dari Limijati, walaupun SC, suami bisa ikut nemenin di dalem. Dan ketika setelah lahiran, bayi selalu ada di samping kita.

Hallo.. namaku Mikhayla Digna Aisyahzaara


5 comments:

  1. Mba, di caesar ya? Sama dokter Irna luka caesarnya apakah cepat sembuh? Kira2 brp lama untuk rasa sakitnya hilang? Rencana mau ke dojter Irna utk caesar. Makasih infonya.. ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru sempat balas. sama Dr. Irna waktu itu nginep 4 hari 3malam. dalam waktu 24 jam udah bisa jalan sih ke kamar mandi meskipun masih ngilu. Detailnya aku lupa berapa lama sakitnya ilang. tapi seingetku di 7 hari lahiran, aku udah kontrol ke dokter dengan kondisi normal (jalan biasa). Yang jelas sih menurut aku termasuk cepet proses recovery nya :) karna temen ku yang sama beliau juga sama proses recovery nya :)

      Delete
  2. lucunya Mikhayla <3 aku ada rencana ke dokter Irna nih, pengen tau dong kalau boleh, biaya sekali kontrol nya brapa mbak? di dr. Irna plus obat dan usg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo juga bun :) dulu biaya dokternya aja sekitar 230-280rb. untuk total dengan usg dan vitamin/obat biasa nya keluar sekitar 700/1jt an bun sekali kontrol. tergantung dari obat yang dikasihnya :)

      Delete
  3. what i can say is that abortion is a sin and it should be deemed illegal by all means` Check This Out

    ReplyDelete