Jadwal kegiatan Working Mom saat di Rumah

February 25, 2019 mirarahmi 4 Comments



Jadi Working Mom bukan berarti lepas tugas dari tugas IRT di rumah. Dari awal kesepakatan saya pada diri saya sendiri, saya pengen jadi Working Mom yang tetep memperhatikan kebutuhan-kebutuhan suami dan anak saya.

Ya emang saya juga ga full urus rumah ko. Ada beberapa pekerjaan yang dikerjakan oleh ART (merangkap asuh anak). Tapi, khay itu tipe anak yang gak bisa di tinggal walau hanya jarak beberapa meter keliatan mata. Khay anteng nonton, yang ngasuh ya harus diem di sebelahnya banget gabisa punya kegiatan apa-apa. Jadi paling-paling cuma bisa bantu nyapu, ngepel, cuci piring, itupun nunggu Khay tidur. Selebihnya, ya saya yang kerjain.

Saya sadar, jadi working mom itu ga sepenuhnya bisa dampingin anak di setiap waktu. Salah satu cara saya buat pantau pertumbuhan anak itu, caranya, ya siapin menu makanan anak setiap harinya. Ga sempet? ya sempet-sempetin. Atau lagi mager banget banget banget? Ya beli.. dengan catetan kita tau betul apa yang kita beli dan cocok atau engga buat anak kita. Yang penting, KITA YANG SIAPIN!!

Terus gimana caranya  nyiapin makanan buat keluarga dan beres-beres rumah? Padahal kita Working Mom, Subuh udah harus mandiin anak, siap-siap kerja, pulang juga maghrib. KAPAN BELANJANYA? Nih saya bahas kebiasaan saya.

Dimulai di Hari Minggu. Saya selalu buat notes di HP atau di Book Planner untuk Jadwal Masak Seminggu kedepan. Jangan lupa planning masak buat anak juga. Gak usah Rapi-rapi, yang penting terencana. Misal :

- Senin Sore & Selasa Pagi : Ayam Mentega & Sayur Sop
   Menu Khay : Sayur Sop & Ayam suwir
   Buah : Pisang
- Selasa Sore & Rabu Pagi : Telur Tahu Tempe Balado & Sayur Sawi Putih Baso
  Menu Khay : Tahu Telur ancur & Sayur Sawi Putih
   Buah : Buah Naga

dan seterusnya .....

 Lalu dilist lah kebutuhan belanja nya apa aja, based on Planning yang udah kita rencanain barusan. Jangan lupa bumbu-bumbu nya juga dilist. Bawang Putih, bawang merah, garem, cabe, rawit, dll. Terus, yaudah tinggal belanja ke pasar. Ga mau ke Pasar? sekarang udah ada Go-Mart Buibu. SOLUSI banget, terutama buat saya HEHE

Ohiya, liat di planning yang saya bikin, kenapa dimulai dari sore dan disatuin sama pagi? (misal : Senin Sore & Selasa Pagi) Saya bikin simple. Saya masak 1x aja waktu pulang kerja, dan paginya tinggal manasin. Jadi  pagi fokus saya cuman masak buat anak. Oh iya, dan kalau bisa dalam 1 hari, menu kita dan menu anak gausah yang terlalu jauh bedanya. Buat sama bahan, tapi prosesnya dibedain sesuai umur anak.

Lanjut.... Setelah Belanja, kita bagi-bagi jenis bahan masakannya, cuci & potong, masukin dalam wadah tertutup, lalu dimasukkan ke dalam kulkas. Bahkan Bawang-bawangan pun biasanya saya kupasin dulu biar mempercepat waktu masak nya nanti. Kadang malah dibikin bumbu putih biar tinggal tumis aja.

Udah selesai beres-beres bahan masakan, yaudah Istirahatlah. Siapin diri menyambut hari senin besok :)

Untuk jadwal Senin-Jumat (Pas hari kerja) Gimana? Nah ini. Kira-kira begini lah kegiatan saya biasanya :
04.00 - 05.00 : Panasin Masakan semalam, buat nasi, Masak untuk Khay
05.00 - 05.15 : Saya Mandi, Suami main dulu sama anak
05.15 - 05.30 : Suami Mandi, Saya  yang main sama anak
05.30 - 06.00 : Sarapan Bareng. (Khay biasanya saya kasih biskuit atau cemilan dulu)
06.00             : Suami Berangkat Kerja, Bibi (ART) baru dateng. (Beruntunglah kalian yang suaminya bisa berangkat kerja lebih siang. Karena masak kejar-kejaran sama Suami berangkat kerja cuuuy)
06.00 - 07.00 : Khay mandi sama bibi. Saya beres-beres kasur, kamar, masukin cucian ke mesin cuci (Jemur nya minta tolong bibi), Dandan, siap siap berangkat kerja

07.00 - 17.00 : Saya Kerja
17.30             : Sampai Rumah, Beres-beres diri, Bibi Pulang.
18.00 - 20.00 : Full Main sama anak. Jangan pegang HP mulu.. :p
20.00             : Khay Tidur. Barulah saya Mulai masak untuk makan malem & Sarapan Besok pagi....
21.00             : Saya dan suami baru makan malem jam segini :p

Besok nya? Ya udah, REPEAT.. HAHA gitu aja selama seminggu.

Ohiya, buat nyetrika? Saya atur di weekend.

Weekend itu hari nya saya LIBUR MASAK :p (Udah deal-deal-an sama suami) HAHA. Yaudah gunain beres-beres rumahnya di Weekend itu. Anak main sama suami, kita nyetrika. Males nyetrika? ADA LAUNDRY :))

Cape gak? Ya Capee sih. Kadang sempet ngeluh juga sama suami (walaupun suami ga nyuruh masak gitu) dan suami cuma bilang "Yang ikhlas ya, insyaallah berkah dan jadi ladang pahala" :)

Kunci nya tetep... KEEP WARAS YA BUIBU :))

4 comments:

  1. Ini ni, yang bikin bingung itu nentuin menu, kadang saking bingungnya mau masak apa akhirnya malah gak jadi masak. huhuhu.. soalnya kalau belanja seadanya yang ditukang sayur..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget mba. Itu salah satu godaan penghancur planning mingguan :'''') BINGUNG MAU MASAK APA haha. kadang akupun dr jumat sore udh mulai tulis2 planning masak mba saking gamau repot pas hari H nya :')

      Delete
  2. Waahhhh emang penuh tantangan bener jadi working mom, saya pernah rasain soalnya, saat anak masih bayi, saya sampai rela bangun pukul 3 subuh, padahal cuman buat urus bayi aja, siapin makanannya, suapin, mandiin, pulangnya juga nyuci baju, nyuci botol.

    Trus pas anak 4 tahun saya kerja lagi, hadeehhhh mau pingsan.
    Gak enaknya kerjaan saya, kerjanya ga abis2, kalau gak lembur di rumah ya di kantor, mau gak dikerjakan juga tanggung jawab.

    Enak banget kalau bisa kerja di tempat yang jadwal kerjanya lebih manusiawi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang ya semua ibu itu HEBAT dengan caranya masing2. Ibu rumah tangga atau Ibu Bekerja tuh pokonya selalu HEBAT :) Semangat terus mom :)

      Delete